Keutamaan Sholawat Al-Lil Qodri Agung

SHOLAWAT AL-'ALIL QODRI, Sholawat Agung penuh Kemuliaan

... "Tulis Sholawat (apapun) di buku, maka selama buku itu ada dan hingga di amalkan oleh siapapun maka penulis buku selalu di do'akan para malaikat:" (Baginda Nabi Muhammad Shalalahu Alaihi Wassalam).

Masya Allah! Saya baru baca hadits ini baru-baru sekarang, mungkin kawan saya lebih dahulu mengetahuinya..! Pantas saja banyak para Imam, Al 'Amilin dan wali terdahulu dalam kehidupannya senang membuat buku-buku (kitab) mengenai macam-macam Sholawat dan keutamaan ..

Seperti Sholawat Al-Lil Qodri ini dari Lafadz Sholawat dan keutamaannya tertulis pada beberapa kitab yang di susun para Imam dan Wali diantaranya:
  • dalam Kitab Kaifiyat al-Wushul Liru’yat Sayyidina al-Rasul Muhammad SAW. (Karya Syaikh Husain Muhammad Syaddad Ba’Umar).
  • Kitab Sa’adat ad-Darain, dan Kitab Afdhalush Shalawat Sayyidis Saadaat. (Karya Syekh Yusuf an Nabhani)
  • Kitab al-Fawa’id. (karya Al-Hisan Habib Hasan Muhammad Fad’aq.)
SHOLAWAT AL-'ALIL QODRI IJAZAH BERJUMPA NABI
Gambar dari-http://dongengceritarakyat.com/
Khasiat sholawat Al-Alil Qodri menurut para Imam

Jika ingin didatangi nabi Muhammad SAW ketika akan mati dan ketika berada di dalam kubur, maka hendaklah ia membaca shalawat Al-Alil Qodri ini sebanyak 1.000 (seribu) kali setiap malam jum’at

Jika ingin dapat bermimpi bertemu dengan kanjeng Nabi Muhammad SAW maka sebelum tidur hendaklah ia membaca sholawat AL-Alil Qodri ini sebanyak 100 (seratus) kali, dengan cara tidur membujur ke arah utara dan dalam keadaan suci dzohir batin, suci dari hadats kecil dan hadats besar.

Jika mempunyai hajat besar dan penting, maka bacalah sholawat Al-Alil Qodri ini sebanyak 1.000 (seribu) dalam keadaan suci dari hadats kecil dan hadats besar, insya Allah segera berhasil.

Beriku ini Lafadz Sholawatnya:

SHOLAWAT AL-'ALIL QODRI,

اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّـدِنَا مُحَمَّدٍ نِالنَّــبِـــىِّ اْلأُمِّـــيِّ الْحَبِـــيْبِ الْعَالِىِّ الْقَادِرِ الْعَظِيْمِ الْجَاهِ وَعَلَى أَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ

ALLOHUMMA SHOLLI WASALLIM WABARIK ‘ALA SAYIDINA MUHAMMADIN NABIYIL UMMIYYIL HABIBIL ‘ALIYIL QODIRIL ‘ADZIMIL JAHI WA ‘ALA ALIHI ASHOHBIHI WASALLIM.

Artinya :

Ya Allah, limpahkanlah rahmat, salam dan berkah kepada junjungna kami Muhammad SAW yang Ummy, yang menjadi kekasih Allah SWT yang tinggi (luhur) pangkatnya dan yang agung kemuliaannya. Serta limpahkanlah pula atas keluarga dan para sahabatnya.

Keutamaan dan Khasiatnya Shalawat Al-'Aliy al-Qadri diterangkan dalaam beberapa Kitab sholawat

Dalam kitab Afdhalush Shalawat Alaa Sayyidis Saadaat : diterangkan bahwa:

"Shalawat ini namanya Shalawat al-Ali al-Qadri, shalawat yang tinggi nilainya.
As-Syaikh Ash-Shawi telah menukil dalam kitab syarah shalawat ad-Dardir nay dan al-Allamah Al-Imam Muhammad al-Amir ash-Shaghir di dalam catatannya dari al-Imam As-Suyuthi, bahwasanya orang yang melazimkan atau merutinkan mengamalkannya setiap malam jumat walaupun hanya sekali saja, maka kanjeng nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam-lah yang akan menguburkannya."

Baca juga: Doa Nabi Yunus sangat dianjurkan ketika sedang mengandung mampu memperlancar proses melahirkan

Dalam kitab yang sama, Syekh Ahmad Dahlan memberikan penjelasan mengenai khasiat shalawat al-Ali al-Qadr ini

Sayyid Ahmad Dahlan, ialah seorang mufti Makkah al-Mukarramah berkata di dalam majmu’-nya yang terkumpul di dalamnya sejumlah shalawat atas Nabi SAW.

"Shalawat al-Ali al-Qadri ini merupakan salah satu di antara bentuk sighat shalawat yang utama yang telah disebutkan disebutkan keutamaannya oleh para arifin bahwasanya barangsiapa mendawamkan atau mengistiqamahkan diri untuk mengamalkannya pada malam jumat walaupun hanya sekali saja, maka sosok ruh nabiyullah Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam akan diperlihatkan kepada ruhnya ketika ia sedang menghadapi kematian dan ketika masuk ke dalam kubur, sehingga ia melihat bahwasanya nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam-lah yang menguburkan dirinya."

Cara mengamalkan Sholawat

Dalam kitab Afdhalush Shalawat 'Alaa Sayyidis Saadaat sendiri dijelaskan salah satu cara pengamalannya sebagai berikut:

"Sebagian ulama ahli makrifat memberikan wejangan, bahwa seyogyanya orang mendawamkan atau mengamalkan secara istiqamah shalawat al-Ali al-Qadri ini sebanyak 10 kali setiap malam dan 100 kali setiap malam jumat, (lakukan secara istiqamah dan penuh keikhlasan) sehingga ia mendapatkan keberuntungan dan keutamaan dengan wasilah shalawat yang agung ini, dan hingga ia mendapatkan kebaikan yang melimpah, insya Allah."

Wallahu alam..

Dari penulis:

Artikel ini di kutip dari beberapa sumber media dan Haditsnya dari buku kitab mengenai Sholawat Nabi, semoga menambah bacaan dan hafalan sholawat kita semua, baca terus Sholawat dan doa-doa agar kita bahagia selalu. Amiin.

Tidak ada komentar:
Write komentar