Teks Bacaan Sholawat SUGHRO SYEKH ABDUL QADIR AL-JAILANI RA dan Khasiatnya

Assalamualaikum..wr.wb?
Menerangkan Lafadz dan Keterangan khasiat Sholawat Sughro karya syekh Abdul Qodir Jailani.

Sholawat Sughro, adalah Sholawat yang termasuk Sholawat Ghoiru Ma'tsurah, artinya yaitu sholawat yang disusun oleh para Waliyullah (kekasih Allah) dan para alim ulama al- a'milin terbaik, contohnya Sholawat Sughro ini yaitu Sholawat dari Karya Syekh Abdul Qodir Al Jailani RA.

Sholawat Shunghro Karya Syeikh Abdul Qodir Al Jailani
Sholawat Sughro
Walau tidak banyak dijelaskan keterangan khasiat dan keutamaan dari Sholawat ini namun bukan berarti Sholawat ini hanya sebagai bacaan biasa saja.

Khasiat dari membaca sholawat kepada Nabi, memiliki makna atau maksud mohon do'a keberkahan kepada ALLAH SUBHANAHU WATA ALA untuk baginda Nabi menyatakan dengan ucapan dan harapan, semoga Nabi sejahtera.

Baca juga: Fadilah dan keistimewaan Sholawat Ibrohimiyah

Berikut lafazd dan teks latin serta terjemahan:

Sholawat Sughro (karya Syekh Abdul Qodir Al Jaelani)

اللّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِناَ محُمَّدٍ السَّابِقِ لِلْخَلْقِ نُوْرُهُ وَرحْمَةً لِلْعَالَمِيْنَ ظُهُوْرُهُ عَدَدَ مَنْ مَضَى مِنْ خَلْقِكَ وَمَنْ بَقِيَ وَمَنْ سَعِدَ مِنْهُمْ وَمَنْ شَقَى صَلاَةً تَسْتـَغْرِقُ الْعَدَّ وَتحُيْطُ بِالْحَدِّ صَلاَةً لاَ غَايَةَ لَهَا وَلاَ مُنْتـَهَى وَلاَ اِنــْقِضَاءَ صَلاَةً دَائِمَةً بِدَوَامِكَ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا مِثــْلَ ذَالِكَ

ALLAHUMMA SHOLLI ÀLAA SAYYIDINAA MUHAMMADISSAABIQI LIL KHOLQI NUURUHU WARAHMATALLIL ÀÀLAMIINA ZHUHURUHU ÀDADA MAN MADHO MIN KHOLQIKA WAMAN BAQIYA WAMAN SA'IDA MINHUM WA MAN SYAQO SHOLATAN TASTAFDIQU INQIDHOOÀ SHOLATAN DA'IMATAN BIDAWAAMIKA WA ÀLA ALHI WASHOHBIHI WASALLAM TASLIIMANN MIS LADZALIKA

Artinya:

"Ya Allah curahkanlah keselamatan atas junjungan kami Muhammad SAW yang cahayanya mendahului keberadaan semua makhluk, yang kehadirannya menjadi rahmat bagi seluruh alam; rahmat yang jumlahnya sebanyak makhluk-makhluk-Mu, yang telah musnah dan yang masih ada, yang berbahagia ataupun yang menderita. Yaitu sebuah keselamatan yang melampaui bilangan dan batasan, yang tiada akhir, yang tak pernah putus; sebuah keselamatan yang kekal abadi seperti kekekalan-Mu. Shalawat serta salam yang demikian itu juga semoga dicurahkan kepada keluarga dan sahabat-sahabatnya"

Keterangan dan tatacara membaca Sholawat Sughro menurut para Ulama

Dihafalkan dan dibacakan setelah selesai sholat fardhu dengan jumlah yang ganjil, misalnya tiga kali lima kali tutuh kali dan seterusnya atau berapa saja.

Fadilah sholawat ini untuk 1001 macam hajat keperluan (keamanan / keselamatan, ketaqwaan / keimanan, karomah / kesaktian) Wallahualam.

Dengan cara baca Tiga kali lau tiupkan ke telapak tangan dan usapkan ke seluruh tubuh kita. Pada saat yang darurat, genting dan berbahaya dibaca sebanyak-banyaknya dengan niat memohon pertolongan Allah SWT. Wallahu alam..

Kiat membaca selawat Nabi

Walau banyak mengenai khasiat dan fadilahnya saya biasakan membaca selawat untuk Nabi, dengan ikhlas dan Istiqomah.

Dalam penjelasan hadis (akhbar al-hadits) disebutkan bahwa apabila seseorang membaca sholawat tidak disertai dengan niat dan perasaan hormat kepada Nabi, maka timbangannya tidak lebih berat ketimbang selembar sayap.

Nabi saw. bersabda, "Sesungguhnya sahnya amal itu tergantung niatnya."

Ada hadits shoheh bahwa Rosulullah SAW bersabda: "Barang siapa bersholawat kepadaku satu kali saja, maka aku akan bersholawat kepadanya sepuluh kali"

Dari Imam Al-Kasthalan dalam kitab Masalik Al-Hanfa mengatakan:

"Sebagian ulama berkata: 'Apabila harapan-harapanmu sulit terpenuhi, maka perbanyaklah membaca shalawat kepada Nabi Muhammad. Ketahuilah tidak mungkin mampu mencontoh perbuatan dan akhlak Nabi Muhammad kecuali dengan usaha keras, tidak mungkin mau berusaha dengan keras kecuali dengan cinta kepada Nabi Muhamad , dan tidak mungkin cinta mati kepada Nabi Muhammad kecuali dengan cara memperbanyak bacaan sholawat. Sebab, siapa saja yang suka pada sesuatu, maka dia akan sering menyebut-nyebutnya. Karena itu, bagi seorang salik mesti memulai jalan spiritualnya dengan memperbanyak sholawat atas Nabi Muhammad.”

Sayyid Muhammad bin Umar Al-Qashri dalam kitab Manhaj Al-Minaat fi At-Ta’nis bis Sunnah mengatakan: "Membaca shalawat atas nabi Muhammad adalah keharusan bagi seorang salik diawal perjalanan spiritualnya, dan terus menerus membaca shalawat siang dan malam.

Sholawat dapat menjadi penolongnya selama menempuh perjalanan spiritual dan mencari kedekatan dengan Allah SWT., dibandingkan dengan bermacam-macam dzikir yang lain.

Sholawat juga merupakan kunci untuk membuka pintu hidayah menuju Allah SWT. Sebab Nabi Muhammad adalah perantara (wasilah) antara kita dan Allah; penunjuk jalan bagi kita menuju kepada-Nya; orang yang memperkenalkannya kepada kita.

Bergantung kepada perantara adalah lebih utama daripada langsung kepada Dzat yang dituju. Karena perantara adalah faktor utama bagi kita untuk bisa berhubungan dengan Allah yang Maha Agung dan Maha kuasa; kunci utama untuk masuk ke tempat-tempat yang berada dekat dengan-Nya."

Demikian Artikel mengenai Sholawat Sughro (karya Syeikh Abdul Qodir Al Jailani) semoga bermanfaat apabila di amalkan dengan niat ikhlash.

Perbanyak bacaan-bacaan yang bernilai ibadah serta bermanfaat agar kita mendapat hikmah dari itu semua, apa bila kita mendapat ilmu atau ide bermanfaat mohon gunakan dan sampaikan atau dengan membagikan kepada teman-teman dan saudaramu walau sedikit.

Baca juga: Doa Hizib Syekh Abdul Qodir Al Jailani RA 

Wassalamualaikum..wr.wb!

Tidak ada komentar:
Write komentar